Jumat, 08 Oktober 2010

Makna Ulang Tahun

Kemarin, tapatnya tanggal 8 Oktober aku berulang tahun. Untuk pertama kali dalam hidupku, banyak sekali orang yang mengirim ucapan slamat dan doa melalui dunia maya (fb). Untuk sesaat, aku asyik membalas segala perhatian dan kasih sayang mereka. Namun, ketika selesai melakukan hal tersebut.... kesadaran menyergapku. Apa seh maknanya hari itu bagiku? Apa seh yang telah aku berikan pada orang di sekitarku? Apakah keberadaanku memiliki arti dan makna bagi mereka? Apakah aku layak menerima semua ucapan itu?
Cukup lama juga aku merefleksikan pertanyaan2 tersebut. Ada rasa kosong terselip di dada, ketika aku menyadari keberadaan dan kebermaknaanku. Aku belum banyak melakukan apa-apa untuk diriku sendiri, apalagi.... untuk orang lain disekitarku. Doa dan harapan yang dipanjatkan oleh teman dan kerabat seolah merupakan tugas yang harus ku lakukan di sisa hidup ini. Sudah tentu dalam penyelenggaraan Illahi hal tersebut dapat ku lakukan.

Ulang tahun bukan hanya simbol kelahiran kita di dunia melalui orang terkasih, tapi .... memiliki makna yang lebih dalam, yaitu suatu kesempatan yang diberikan oleh Tuhan kepada kita untuk berbuat agar hidup kita berarti dan berguna bagi orang-orang di sekeliling kita.
So.... sambutlah ulang tahun dengan hati lapang agar dapat kita isi dengan perbuatan2 mulia bagi sesama. Amiennn....

Tidak ada komentar: