Rabu, 28 Desember 2011

Evaluasi Pemakaian Koran Berani dalam Pembelajaran di SD Santa Ursula BSD

EVALUASI PEMAKAIAN KORAN BERANI
SD SANTA URSULA BUMI SERPONG DAMAI

            SD Santa Ursula BSD menggunakan Berani sebagai salah satu sumber belajar secara intensif mulai awal tahun ajaran 2007 – 2008. Terhitung sampai saat ini, sudah satu semester (6 bulan) Koran Berani menemani siswa dan guru SD Santa Ursula dalam proses pembelajaran di sekolah. Berikut adalah pemakaian Koran Berani yang diintegrasikan dengan kegiatan pembelajaran bidang studi Bahasa Indonesia dan bidang studi lain.

Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas I
1.      Kegiatan Membaca Setiap Pagi Hari :
Ø  Siswa membaca nyaring berita dari Koran Berani secara klasikal dan perorangan.
Ø  Siswa dan guru membaca sendiri berita dari Koran Berani dalam suasana tenang
Ø  Tanya jawab dengan siswa mengenai isi berita  yang telah dibaca
Ø  Siswa menceritakan kembali berita Koran yang telah dibaca
Ø  Membahas istilah-istilah di dalam berita yang tidak diketahui siswa

2. Kegiatan Proses Pembelajaran :
Ø  Belajar menggunakan pemakaian huruf besar dalam kalimat dengan melihat artikel di koran
Ø  Membaca puisi untuk merangsang ide siswa menulis puisi
Ø  Membaca cerita/dongeng yang ada kemudian siswa menceritakan kembali isi cerita tersebut
Ø  Mencari pesan moral dari cerita/dongeng
Ø  Membahas tentang profil seseorang di halaman terakhir Koran Berani
Ø  Membahas hal-hal aktual (bencana alam, banjir, demam berdarah, hari Ibu, dll)

3. Kegiatan Wajib Baca (jam terakhir sebelum pulang sekolah) :
Ø  Digunakan sebagai pelengkap bahan bacaan selain buku bacaan wajib dari perpustakaan
Kelas II
1. Kegiatan Membaca Setiap Pagi Hari :
Ø  Siswa dan guru membaca sendiri-sendiri artikel dari Koran Berani yang diminatinya
Ø  Melakukan tanya jawab tentang isi artikel yang dibaca siswa
Ø  Membahas istilah-istilah di dalam artikel Koran yang tidak dikatahui siswa

2. Kegiatan Proses Pembalajaran :
Ø  Artikel yang terdapat di koran digunakan untuk bahan bacaan dalam membaca nyaring maupun membaca dalam hati
Ø  Melatih siswa untuk menulis rapi dengan menyalin satu artikel yang berkesan bagi siswa di buku tulis
Ø  Menggunakan isi artikel dari Koran untuk pelajaran “dikte”
Ø  Menambah kosa kata siswa dengan membahas satu artikel kemudian membahas kata-kata yang tidak dimengerti siswa
Ø  Membahas peristiwa yang sedang terjadi /aktual
Ø  Mencari kata yang berimbuhan dan pemenggalannya dari artikel
Ø  Penggunaan huruf besar dalam kalimat yang terdapat di artikel

3. Kegiatan Wajib Baca (jam terakhir sebelum pulang sekolah) :
Ø  Digunakan sebagai pelengkap bahan bacaan selain buku bacaan wajib dari perpustakaan


Kelas III – VI :
1. Kegiatan Membaca Setiap Pagi Hari :
Ø  Siswa dan guru membaca artikel yang terdapat di Koran dalam suasana yang tenang
Ø  Melakukan tanya jawab tentang isi artikel yang dibaca siswa
Ø  Menceritakan kembali isi artikel yang telah di baca
Ø  Membahas istilah-istilah di dalam artikel yang tidak dikatahui siswa
Ø  Membahas berita-berita aktual yang terdapat di Koran

2. Kegiatan Proses pembelajaran :
Ø  Mencari pokok pikiran dalam setiap paragraph yang terdapat di artikel
Ø  Membahas topik bacaan dalam artikel
Ø  Mencari kata-kata yang berimbuhan dalam kalimat di artikel serta pemenggalannya
Ø  Meringkas carita /dongeng
Ø  Menceritakan kembali baik secara lisan maupun tulisan isi artikel yang telah dibaca siswa
Ø  Menjelaskan isi penggumuman
Ø  Menyebutkan unsur-unsur cerita /dongeng  (tokoh, karakter, alur cerita, latar, dan pesan moral)
Ø  Membuat cerita bergambar dari artikel
Ø  Artikel dipakai sebagai bahan bacaan dalam latihan soal dan ulangan
Ø  Artikel dipakai untuk bahan diskusi terutama masalah-masalah yang actual dan mencari alternative pemecahannya
Ø  Melatih memahami isi bacaan dengan menjawab pertanyaan ( apa, siapa, dimana, mengapa, kapan, dan bagaimana )
Ø  Mencari nilai-nilai kehidupan yang terdapat di isi artikel serta merefleksikannya dengan kejadian sehari-hari yang dihadapi siswa
Ø  Mengubah puisi menjadi prosa
Ø  Membuat pertanyaan dari artikel
Ø  Mengungkapkan pendapat tentang isi artikel
Ø  Mencari makna kata yang terdapat di artikel
Ø  Melatih membaca lancar
Ø  Melatih membaca pemahaman
Ø  Membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang terdapat di kamus Koran
Ø  Membuat karangan berdasarkan isi artikel
Ø  Mempelajari pemakaian huruf besar dan tanda baca yang terdapat di artikel
Ø  Mencari kata ulang yang terdapat dalam artikel dan mempelajari pemakaiannya


Pelajaran Matematika
Kelas I dan II :
1.      Belajar tentang pengukuran waktu (jam)
2.      Mengisi quiz SUDOKU untuk belajar berhitung dan melatih ketelitian
3.      Mempelajari artikel yang memuat teka-teki matematika serta memecahkannya
4.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan dari artikel
5.      Mempelajari pengukuran berat dari isi artikel
6.      Mempelajari pengukuran panjang dan berat dalam pemecahan masalah

Kelas III – VI :
1.      Mempelajari sesuatu yang baru tentang cara menghitung perkalian dengan menggunakan jari tangan
2.      Mengubah satuan jarak dari artikel yang ada di Koran ( km ke meter )
3.      Membuat skala dari isi artikel serta menghitungnya
4.      Membahas quiz matematika yang biasa terbit setiap haru Jumat
5.      Mempelajari pengukuran waktu, berat, dan panjang dalam pemecahan masalah berdasarkan isi artikel
6.      Mempelajari pengukuran kecepatan
7.      Mengumpulkan dan mengolah data yang terdapat diartikel

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial :
Kelas I – II  :
1.      Membahas tentang Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia
2.      Membahas permasalahan tentang cinta lingkungan yang banyak terdapat di artikel
3.      Membahas masalah kerusakan lingkungan dan akibatnya
4.      Menanamkan nilai-nilai kehidupan dengan membaca cerita pendek yang terdapat di Koran dan mencari pesan moral yang terkandung di cerita tersebut
5.      Menanamkan pengertian kepada siswa tentang pengaruh beberapa film kartun yang tidak boleh ditiru adegannya karena berisi kekerasan (banyak dibahas di dalam artikel)

Kelas III – VI :
1.      Membantu siswa mempelajari kenampakan alam dan kenampakan buatan berdasarkan gambar /foto yang terdapat di Koran
2.      Membahas tentang pemeliharaan lingkungan (cara dan manfaatnya)
3.      Membahas masalah-masalah yang menjadi isu dunia yaitu “Global Warming”
4.      Mempelajari nilai-nilai kehidupan (kerja keras, mandiri, tanggung jawab, ulet, dll) dari tokoh-tokoh yang ditampilkan di Koran Berani
5.      Menanamkan nilai-nilai kehidupan berdasarkan cerita pendek yang diambil pesan moralnya
6.      Menekankan pendidikan nilai melalui berita bencana alam yang banyak terjadi di hapir semua negara (guru menggali pendidikan nilai dari berita tersebut)
7.      Mempelajari tentang negara-negara ASEAN
8.      Mempelajari tentang bangunan yang merupakan keajaiban dunia
9.      Mempelajari benda-benda bersejarah yang terdapat di artikel
10. Menjadi bahan projek siswa seperti membuat kliping
11. Artikel digunakan sebagai bahan bacaan dalam latihan soal dan ulangan
12.  Artikel digunakan sebagai bahan diskusi dalam proses pembelajaran
13. Menumbuhkan kepekaan kepada siswa dengan membahas permasalahan-permasalahan actual yang terjadi di Indonesia dan dunia

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas III – VI :
1.      Mempelajari ciri khusus makhluk hidup yang terdapat di artikel
2.      Mempelajari penggolongan hewan dan tumbuhan
3.      Membuat kliping tentang energi dan pemanfaatannya
4.      Mempelajari tentang tata surya
5.      Membahas isu-isu penting saat ini yaitu “Global Warming”
6.      Mempelajari kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan   
7.      Mempelajari kenampakan permukaan bumi, cuaca  dan pengaruhnya bagi manusia, serta  hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
8.      Mempelajari berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
9.      Mempelajari hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
10. Mempelajari perubahan  yang  terjadi di  alam  dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
11. Mempelajari pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan

Pelajaran Agama :
Kelas I – VI :
1.      Artikel di koran Berani dipakai sebagai salah satu bahan untuk doa hening
2.      Salah satu berita di koran Berani dijadikan bahan wawancara dengan Yesus
3.      Membahas tema Gereja Peduli Pada Orang Kecil memakai berita korban tanah langsor dan banjir
4.      Membahas tema Semangar Roh Kudus memakai berita siswa SD yang terkena banjir, tetap semangat mengikuti EHB
5.      Membahas tema Lingkungan Kota memakai berita kemacetan kota Jakarta akibat pembangunan jalan bus way
6.      Menggunakan cerita budi pekerti dalam menanamkan nilia-nilai kehidupan pada siswa dengan mencari pesan moralnya
7.      Artikel digunakan sebagai bahan diskusi
8.      Artkel digunakan sebagai bahan apersepsi sebelum memulai pelajaran

Pelajaran Bahasa Inggris :
1.      Menterjemahkan artikel pendek (misalkan tentang binatang dan tips) ke dalam Bahasa Inggris
2.      Melakukan tanya jawab tentang salah satu artikel dengan menggunakan “ what, who, where, when, why, dan how “
3.      Memakai artikel “Acara Untuk Kamu” sebagai bahan pembelajaran tentang program/ acara televisi
4.      Mengambil materi atau artikel yang sesuai dan “up to date” untuk menambah wawasan siswa
5.      Mengambil gambar /foto yang cocok dengan tema pembelajaran sebagai bahan apersepsi atau “eliciting”
6.      Membuat kuis atau pertanyaan berdasarkan berita hari ini yang terdapat di koran

Pelajaran Olah Raga :
1.      Menanamkan pendidikan nilai pada anak (keuletan, daya juang, sikap menerima kekalahan, kesetiaan/ pengabdian, dll) yang terdapat di artikel berita olah raga
2.      Mengajak siswa membaca artikel tentang tokoh “Kaka” pemain sepak bola yang terlambat berprestasi, namun di usia 30 tahunan dia menjadi pemaian yang hebat. Dari artikel ini saya melakukan tanya jawab dengan siswa untuk menemukan nilai /pesan moral dari berita tersebut
3.      Artikel tentang pemain tenis yang mengalami patah tulang namun karena kegigihannya bisa berprestasi kembali. Siswa diajak untuk menemukan contoh-contoh lain dalam kehidupannya yang sesuai dengan cerita di artikel tersebut
4.      Rubrik memilih makanan sehat menjadi bahan pengajaran di sela-sela kegiatan olah raga
5.      Artikel tentang bahaya obesitas dan cara menanggulangginya juga dijadikan sebagai bahan pembelajaran
Pelajaran Komputer :
1.      Membuat artikel sendiri berdasarkan contoh artikel di koran
2.      Mempelajari Press Writer, yaitu siswa mencari berita dari Koran Barani yang bertema lingkungan dan mengetiknya kembali dengan program Press Writer
3.      Mempelajari program cerita bergambar dengan mencari ide dari artikel yang terdapat di Koran Berani
4.      Mempelajari program Microsoft Publisher, yaitu siswa menceritakan kembali suatu berita dari Koran Berani dalam bentuk tulisan
5.      Membuat koran mini (Newsletter) dengan menyusun lay out suatu koran dan mendesign dengan melihat contoh Koran Berani sebagai informasi awal
6.      Belajar menscan dan mengedit gambar dari Koran Berani serta mengkreasikan dengan idenya sendiri
7.      Mempelajari program Microsoft Power point dengan membuat slide presentasi tentang Bullying dan negara-negara ASEAN
8.      Artikel dijadikan sebagai bahan ulangan untuk materi pengolah kata

Bimbingan Konseling :
1. Kegiatan Pendidikan Nilai :
a.      Tema : Cinta Lingkungan
Menggunakan artikel tentang Pemanasan Global, pengolahan sampah, bencana alam (tanah longsor, banjir, dll)
b.      Tema : Daya juang, Penghargaan, Tanggung jawab, Kemandirian
Menggunakan artikel tentang tokoh tertentu. Contoh : Hee Ah Lee (pianis dengan 4 jari dari Korea)

2. Kegiatan Bimbingan Konseling :
a.  Untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan pemahaman verbal : menggunakan artikel tertentu, siswa dibimbing untuk memahami isi tiap paragraf dengan mengacu pada “5W 1H”
b.  Untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan untuk menulis dengan lebih cepat : meminta siswa menyalin artikel tersebut dan diamati bagaimana kecepatan siswa, ketelitian, sistem penulisannya, apakah siswa membaca 1 kata kemudian menuliskan kembali ataukah beberapa kata kemudian menuliskan kembali. Setelah mengetahui kesulitan siswa tersebut kemudian diberikan bantuan kepadanya
c. Untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan berkonsentrasi, misalnya siswa diminta menemukan huruf “a” (dan menghitung jumlahnya) dalam sebuah alinea yang terdapat di artikel. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan ketelitian
d.  Untuk  membantu  siswa  yang mengalami kesulitan  membaca  dan menulis dengan menggunakan artikel sederhana lalu siswa dibimbing membaca (terutama kata-kata yang masih sukar) ; menggunakan kalimat sederhana dari artikel sederhanan untuk acuan tugas dikte
e. Untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan memahami dan mengingat materi pelajaran yang membutuhkan hafalan, misalnya dengan membimbing siswa membuat ringkasan dari artikel tertentu
f.  Untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan mengelola waktu /kegiatan belajar dan motivasi belajar dengan meminta siswa membaca pengalaman dan tips (kiat-kiat) belajar dari anak lain yang dimuat di Koran Berani
g.  Untuk membantu siswa dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial (pertengkaran antar siswa di sekolah) dengan menggunakan artikel yang sesuai dengan permasalahannya, contoh : ada beberapa anak yang bisa meraih penghargaan karena kerja sama mereka


Tim Guru  ( Theresia Hetty )
1.      Membaca Koran Berani setiap pagi
2.      Mendiskusikan dengan guru-guru tentang berbagai artikel yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran
3.      Mendiskusikan dan merancang kegiatan penggunaan Koran Berani dalam kegiatan pembelajaran bersama dengan guru-guru
4.      Mendorong guru-guru untuk memotivasi siswa mengirimkan hasil karyanya ke Koran Berani
5.      Mendiskusikan dengan guru bidang studi terkait (IPA dan IPS) tentang artikel yang sedang menjadi keprihatinan dunia saat ini serta langkah praktis apa saja yang dapat dilakukan oleh siswa dalam membantu mengatasi keprihatinan tersebut (contoh : pemanasan global, berbagai bencana alam, kerusakan lingkungan, kemajuan iptek,dll)
6.      Meminta guru menggunakan artikel di Koran Berani sebagai salah satu bahan bacaan dalam latihan soal, lembar kerja, dan ulangan
7.      Merancang kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan kemajuan ilmu dan teknologi berdasarkan artikel-artikel yang terdapat di Koran Berani
8.      Sumber informasi dan perangsang ide dalam mencari berbagai alternatif pembelajaran yang menarik

Kepala Sekolah ( Emah Suhamah )
1.      Mengajak guru-guru untuk menindaklanjuti artikel-artikel yang terdapat di Koran Berani dalam pembelajaran di sekolah, terutama yang berhubungan dengan pelajaran atau isu-isu hangat ( misalnya : ketika diadakan pertemuan yang membahas pemanasan global agar anak-anak ikut terlibat dalam masalah tersebut)
2.      Dalam Assembly Meeting, saya memasukkan nilai-nilai hidup terutama yang berhubungan dengan lingkungan dan nilai-nilai lainnya

Kesimpulan :
1.      Penggunaan Koran Berani sebagai salah satu media pembelajaran di SD Santa Ursula sudah dilakukan dan diintegrasikan penggunaannya ke dalam semua bidang studi yang diajarkan di sekolah
2.      Kegiatan membaca Koran Berani setiap pagi hari dilakukan oleh semua komponen yang terdapat di SD Santa Ursula (murid, guru, kepala sekolah, psikolog, petugas TU, dan petugas perpustakaan) sehingga ada kesatuan pemahaman dalam memandang suatu permasalahan yang menjadi isu-isu penting saat ini.
3.      Kebiasaan membaca mulai tumbuh dikalangan siswa SD, hal ini terlihat dari banyaknya siswa SD yang mengisi waktu menunggu kakaknya atau jemputan sekolah sambil membaca Koran Berani. Hal inipun terlihat sewaktu pagi hari ketika kegiatan membaca dimulai, siswa sangat asyik sekali dan menikmati membaca Koran Berani. Suasana terasa hening, tenang dan damai.
4.      Kebiasaan membaca tidak hanya tumbuh dikalangan siswa SD tetapi juga dikalangan guru-guru dan petugas TU /perpustakaan. Hal ini membawa pengaruh positif bagi peningkatan proses kegiatan pembelajaran di sekolah karena guru-guru juga memahami berbagai peristiwa dan perkembangan dunia melalui berita di Koran Berani
5.      Melalui kegiatan membaca koran, tidak hanya menumbuhkan gemar membaca tetapi juga peka terhadap lingkungan dan nilai-nilai kehidupan.
6.      Secara keseluruhan penggunaan Koran Berani sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah banyak sekali manfaatnya (multi fungsi). Sehingga patut dipertahankan dan dikembangkan terus.





Tindak lanjut :
1.      Memantau terus pemakaian Koran Berani sebagai media pembelajaran dan sumber informasi
2.      Diakhir tahun ajaran 2007 – 2008, saya akan membuat evaluasi pemakaian Koran Berani dalam kegiatan pembelajaran (diadakan kuesioner untuk siswa dan guru).

            Kami mengucapkan terima kasih kepada Suster Francesco yang telah menggagas ide pemakaian Koran Berani sebagai media pembelajaran dan merangsang minat membaca siswa. Selain itu dukungan moril dan materil (dana) dari Suster sangat besar dan bermanfaat sekali bagi seluruh siswa dan guru SD Santa Ursula BSD. Semoga kegiatan pemakaian Koran Berani menjadi cahaya yang menerangi anak-anak dalam memandang dunia dengan lebih baik. Terima kasih.


Hormat saya 


Theresia Heti                                                                                   

Tidak ada komentar: